skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Yuk Kenalan! Apa Aja Sih, Jenis Sistem Operasi Komputer?

Yuk Kenalan! Apa Aja Sih, Jenis Sistem Operasi Komputer?

Sistem operasi adalah salah  satu tulang punggung personal komputer  masa kini. Setiap perangkat, seperti laptop, smartphone maupun PC absolut memiliki sistem operasi guna memudahkan penggunaan sehari-hari. Sesuai judul yang mimin tulis, yuk simak ada apa aja sih!

7 Jenis Sistem Operasi Komputer

1. Windows

Adalah salah  satu sistem operasi personal komputer  yang bisa di bilang terkenal. Windows terus berupaya melakukan pembaruan demi menaikkan pengalaman pengguna, seperti upgrade aplikasi dan  hardware, hingga penggunaan dan aksesnya menjadi lebih mudah.

Banyak pengguna yang memilih sistem operasi komputer ini, karena sistemnya yg kompatibel menggunakan banyak jenis software. Selain  itu, terdapat banyak personal komputer  yang berjalan baik menggunakan windows, sebab terjadi pengembangan oleh Microsoft. Sistem operasi personal komputer  ini mempunyai bahasa pemrograman C, C++, C#.

2. MacOS

Sistem operasi komputer MacOS tidak kalah populer dengan Windows. Macintosh Operating System ini merupakan sistem hasil desain serta pengembangan oleh Apple sejak 2001. Sistem ini hanya dapat bekerja pada perangkat khusus milik Apple.

Sistem operasi personal komputer  ini banyak disukai oleh pengguna, sebab memiliki kelebihan berupa kemudahan penggunaan, relatif cepatan dalam pemrosesan, dan  pihak MacOS yang selalu melakukan pembaruan guna meningkatkan user experience. Selain itu terdapat keunggulan lainnya berupa jarang ditemukan adanya bug serta sistem ini mampu membuat perangkat sulit untuk diretas. MacOS mempunyai bahasa pemrograman C++, Objective C, serta Swift.

3. Linux

Tidak sinkron dengan 2 sistem operasi komputer sebelumnya, Linux adalah keluarga sistem sumber terbuka, yg mana sistem ini dapat dimodifikasi dan  didistribusikan siapapun. Linux tersedia dalam banyak versi open source yang tidak sama, serta dapat diunduh secara perdeo.

Kalau kamu adalah orang yang mengetahui cara menyesuaikan dan  bekerja dengan sistem operasi, mungkin sistem ini pilihan yg ideal buat kamu. Apabila pengkodean serta pekerjaan back-end semacam ini menarik buatmu, kamu dapat memakai sistem operasi komputer ini dan  mulai memanipulasinya.

Selain itu, sistem ini populer kebal akan virus, namun buat software tambahan masih rentan terhadap malware pada web server. Menggunakan bahasa C serta Assembly pada pengembangan Linux.

4. MS DOS

MS DOS yg memiliki kepanjangan Microsoft Disk Operating System, adalah sistem operasi personal komputer  yang mayoritas buat komputer pribadi (PC) sepanjang tahun 1980-an. Meskipun MS DOS menikmati popularitas yang luar biasa pada 1980-an serta awal 1990-an, teknologi ini tidak selalu mengikuti kompetisinya.

Sistem tidak mempunyai kemampuan multitasking serta multiuser, asal sistem operasi UNIX dan  MS DOS terbatas di antarmuka baris perintah. Tidak sinkron menggunakan graphical user interface (GUI) yang ramah pengguna asal personal komputer  Macintosh awal asal Apple.

Meskipun MS DOS tidak lagi dipasarkan menjadi sistem operasi personal komputer  yang berdiri sendiri, platform yg cukup sederhana dan  stabil masih dipergunakan pada beberapa sistem komputer tertanam.

Baca juga : AI dan Machine learning Mendominasi Dunia Bisnis Masa Depan?

5. UNIX

Unix yakni jenis sistem operasi komputer multiuser serta multitasking yg paling kuat dan  populer. Konsep dasar Unix berasal dari proyek Multics tahun 1969. Sistem Multics dimaksudkan menjadi sistem pembagian saat yg memungkinkan pola pengguna buat mengakses komputer mainframe secara bersamaan.

Ken Thompson, Dennis Ritchie, serta lainnya menyebarkan blok bangunan dasar Unix termasuk sistem file hierarkis, yaitu konsep proses serta penerjemah baris perintah untuk PDP-7, beberapa generasi Unix berkembang menjadi berbagai mesin. Tumbuhnya ketidakcocokan antara sistem ini mengakibatkan terciptanya standar interoperabilitas seperti POSIX serta Spesifikasi Unix Tunggal.

Unix didesain berdasarkan beberapa filosofi inti yg mencakup persyaratan seperti tujuan tunggal, dapat dioperasikan, serta bekerja menggunakan antarmuka teks baku. Sistem Unix dibangun pada sekitar kernel inti yang mengelola sistem dan  proses lainnya. Subsistem kernel bisa mencakup manajemen proses, manajemen file, manajemen memori, manajemen jaringan dan  lain-lain.

6. Android

Sistem operasi komputer lainnya yaitu Android. Walaupun Android cenderung lebih identik menggunakan smartphone, namun ada juga tablet convertible yang menggunakan sistem operasi komputer Android. Misalnya, perangkat Asus Transformer yang berfungsi menjadi tablet, tetapi sehabis kamu menambahkan keyboard, tablet tersebut bisa berganti sebutan menjadi komputer Android.

7. Chromium OS

Chromium OS merupakan sistem operasi tempat Google Chrome OS dibangun, yang mendukung laptop Chromebook dan  stasiun kerja Chrome OS. Keunggulan sistem ini adalah kecepatan pada pemrosesan. Chromium OS mampu menghilangkan setiap proses yang tidak perlu dan  menjalankan yang mungkin penggunaannya bisa secara paralel, memungkinkan pengguna beralih dari menyalakan personal komputer  hingga menjelajahi web dalam beberapa detik.

Gimana kenalannya dengan 7 jenis sistem operasi komputer di atas? Kalau masih bingung, yuk komentar di bawah, semoga bermanfaat yaa.

Baca juga : Aplikasi Pengganti Kartu E-Toll Di masa Mendatang

Penulis : Dwi Nurmalasari
Editor   : Aviona Partya Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top