skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Pengenalan Website Secara Lengkap Dijamin Mudah Dipahami!

Pengenalan Website Secara Lengkap Dijamin Mudah Dipahami!

Hallo sobat creative!

Website terdiri dari sebagian halaman yang saling terpaut di dasar suatu nama domain, umumnya memuat konten semacam tulisan, video, foto, audio, dan lain sebagainya. Website merupakan kumpulan halaman yang berisi data tertentu serta bisa diakses dengan gampang oleh siapapun, kapanpun, serta di manapun melalui internet.

Pada biasanya web mempunyai satu halaman utama yang dinamakan homepage. Homepage merupakan halaman beranda yang hendak terbuka awal kali saat kamu mengakses nama domain web. Untuk mendatangi web, kamu memerlukan suatu fitur semacam smartphone ataupun pc, lalu ketik link URL( Uniform Resource Locator) alamat web ataupun nama domainnya, koneksi internet, serta aplikasi website browser.

Pengenalan Website Secara Lengkap

Sejarah Website

Tim Berners Lee menjadi yang pertama memulai sejarah, dengan mengembangkan World Wide Website( WWW) pada tahun 1989. Bulan Oktober tahun 1990, Tim menggagas 3 teknologi bawah buat membangun suatu web, yakni HTML, URL, serta HTTP.

Awal mulanya, web hanya untuk berbagi data di golongan para ilmuwan di CERN. Hingga kesimpulannya, Tim memandang kemampuan web selaku fasilitas yang dapat digunakan oleh siapa saja dengan berbagai tujuan. Setelah itu, Tim merilisnya secara formal pada 6 Agustus 1991.

Web yang awal dirilis kala itu baru sebatas menunjukkan bacaan simpel tanpa alterasi font, video, ataupun foto. Apalagi web pertama ini masih ada loh! Tim Berners Lee setelah itu memohon CERN untuk menyetujui ketersediaan kode bawah web secara leluasa royalti buat segala pengguna internet.

Kesimpulannya, keputusan tersebut diumumkan pada tahun 1993, serta bermacam web mulai bermunculan di dunia, hingga yang kerap kita jumpai saat ini ini.

Unsur-Unsur Website

  • Domain

Nama domain ataupun URL ialah alamat khusus yang kamu pakai untuk mengakses web, umumnya diakhiri ekstensi semacam. com,. net,. org, serta seterusnya.

  • Hosting

Hosting merupakan ruang penyimpanan yang menyimpan file serta informasi web secara online supaya dapat diakses lewat internet.

  • Platform

Tool yang kamu gunakan untuk membuat web, dapat dengan coding ataupun CMS semacam WordPress, Joomla, ataupun web builder.

  • Konten

Ialah isi dari web itu sendiri, dapat berbentuk tulisan, foto, ataupun video buat mengantarkan data ataupun content marketing.

  • Tampilan

Jika desain web milikmu bagus, wisatawan juga hendak betah berlama- lama di web milikmu.

  • SEO

Search Engine Optimization ataupun SEO merupakan langkah optimasi yang membuat web yang kamu isi akan timbul di hasil pencarian Google sehingga memperoleh banyak traffic.

Baca juga : Apa Aja Sih, Jenis Sistem Operasi Komputer?

Jenis-Jenis Website

Pengenalan website dari jenisnya, web dikelompokkan jadi 2 tipe, web dinamis serta web statis. Web dinamis mempunyai konten yang berubah- ubah cocok preferensi pengunjungnya, sedangkan web statis senantiasa menunjukkan konten yang sama.

  • Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yg dimiliki oleh individu, yg umumnya dipergunakan buat tujuan profesionalitas atau memberikan opini eksklusif. Misalnya, kamu dapat membagikan aneka macam karya atau pengetahuan kamu melalui sebuah website portofolio. Pada dasarnya, kamu bisa menciptakan website sesuai keinginan, sekaligus membentuk personal branding.

  • Website E-Commerce

Jenis website ini dipergunakan sebagai toko pada ranah online. Penggunaan website toko online sangat terkenal karena dievaluasi bisa menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yg jauh lebih luas.

Website toko online mempunyai halaman dan  menu yg menunjukkan aktivitas bisnis asal sebuah tempat berbelanja. Diantaranya terdapat fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta laman produk, dan lain sebagainya. Kamu juga mampu desain dengan layout sinkron kebutuhan memakai rona khas usaha, logo, dan  sebagainya.

  • Website Company Profile

Website company profile ialah jenis website yg dipergunakan buat memberikan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yg ingin mencari informasi perihal perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya. Tidak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kepercayaan. Website ini akan menampilkan profil serta berbagai informasi seputar perusahaan.

  • Website Komunitas

Adalah jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. Website ini umumnya mempunyai fasilitas seperti, pengguna bisa menghasilkan thread atau konten dalam berbagai topik, kemudian orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, serta sebagainya. Dari sanalah para pengunjung website bisa berinteraksi menggunakan pengunjung lainnya.

  • Website Gallery

Website gallery adalah jenis website yg menampilkan konten visual seperti foto dan video. Umumnya, website gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan  dengan kualitas tinggi. Foto tadi mampu kamu dapatkan baik secara gratis, atau dengan membeli lisensi dan menjadi pendukung konten, visualisasi iklan, serta lainnya.

  • Website Berita

Tujuan web ini adalah untuk update informasi . Website jenis ini semakin terkenal karena zaman sekarang ranah gosip offline tidak semenarik dulu. Selayaknya koran, website portal informasi berisi info modern dalam berbagai topik, politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu.

  • Blog

Blog ialah website yang berfungsi menjadi jurnal online untuk menulis artikel, upload konten, atau ulasan produk. Lain dengan website pada biasanya, blog umumnya mempunyai kolom komentar agar user bisa berdiskusi menggunakan pembaca wacana topik blog eksklusif.

Orang yang mempunyai atau mengelola blog memiliki sebutan blogger, umumnya bertugas untuk mengurus semua konten yang ada pada blog. Konten blog sendiri terbit dalam urutan kronologis, menampilkan postingan terbaru pada bagian atas.

Manfaat Website

Pengenalan website selanjutnya yakni manfaatnya. Contohnya ketika perlu membeli sesuatu akan tetapi tidak tahu toko offline maupun online mana yang menjualnya. Kamu hanya perlu cari di Google melalui gawai maupun laptop.  Berikut ialah manfaat website secara umum:

  • Membentuk Personal Branding

Manfaat website yg paling mendasar merupakan untuk personal branding, khususnya bagi kamu yang ingin mencoba cara menerima uang dari website. Mulai dari menampilkan karya hingga portofolio, website memungkinkan seluruh orang mengetahui siapa kamu serta keahlianmu.

  • Menaikkan kepercayaan Pelanggan

Untuk pemilik usaha, website bisa menaikkan kepercayaan pelanggan. Karena saat ini hampir seluruh orang absolut mencari tahu sesuatu secara online lebih dulu, umumnya melalui Google.

  • Media promosi 24 Jam

Akses web bisa seluruh orang dan kapan saja tanpa terbatas ruang. Otomatis, transaksi pun mampu terjadi selama 24 jam sehari, dan pelanggan baru juga bisa berdatangan asal mana saja. Buat mampu memaksimalkan pemasaran melalui website, kamu wajib menerapkan teknik SEO yang sempurna.

  • Menyebarkan Cerita serta berita

Menggunakan blog, kamu mampu membuat cerita serta konten berbagai topik. Perihal aktivitas sehari-hari, traveling, atau hobi, semuanya bisa kamu bagikan. Mempunyai banyak pembaca setia, kamu dapat mencoba membuat kursus berbayar melalui website membership atau membuat website e-learning.

  • Menggalang Dana Sosial

Buat memperbarui fungsi website menjadi wahana penggalangan dana aksi sosial, kamu bisa mengalihkannya sebagai website komunitas. Nantinya masyarakat bisa turut berpartisipasi pada penggalangan dana untuk membantu orang yg membutuhkan. Contohnya web KitaBisa.com, yakni website tempat rakyat dapat berpartisipasi pada penggalangan dana tersebut.

  • Menjadi asal informasi

Berdasarkan penelitian Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari gosip pada internet atau setara menggunakan 73,7% asal total populasi. Maka website bisa menjadi sumber gosip, baik website informasi, website komunitas, blog, dan  yg lainnya.

  • Akses Layanan Publik

Website sebagai layanan publik, yakni termasuk instansi yang menyampaikan pelayanan awam, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, tempat kerja pajak, serta sebagainya. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

Pengenalan website mulai dari pengertian, sejarah, unsur, jenis, hingga manfaat website telah mimin kupas tuntas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat creative yaa

Baca juga : 4 Website Belajar Ui/Ux Paling Sederhana

Penulis : Dwi Nurmalasari
Editor   : Aviona Partya Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top