skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Aplikasi Pengganti Kartu E-Toll Dimasa Mendatang

Aplikasi Pengganti Kartu E-Toll Dimasa Mendatang

Hallo Sobat Creative !

Semakin berkembangnya zaman, teknologi yang ada pun ikut berkembang pula. Manusia melahirkan inovasi-inovasi baru untuk melengkapi kebutuhan yang di perlukan manusia sendiri. Teknologi yang lahir secara berkala ini mempermudah kehidupan manusia pada setiap zamannya. Teknologi dapat memberi manfaat yang baik jika di pergunakan pula dengan baik.

Akhir-akhir ini sedang ramai di perbincangkan suatu aplikasi yang di gadang-gadang sebagai pengganti kartu e-toll. Penggunaannya yang mudah hanya perlu download aplikasi pada gawai dinilai lebih efektif, karena tidak perlu harus setop di toll dan mengantre. Aplikasi ini bernama “Cantas”.

Pembayaran E-toll Menggunakan aplikasi cantas, aplikasi ini rencana akan di mulai pada bulan Desember 2022 menggunakan sistem MLFF atau Multi Lane Free Flow. Emil iskandar sebagai perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System atau di singkat RITZ yang menggarap proyek MLFF, mengatakan bahwa ini adalah aplikasi untuk transaksi pembayaran jalan toll yang pertama di dunia.

Beberapa negara di Eropa juga sudah menerapkan sistem membayar e-toll tanpa harus berhenti dulu. Mereka tidak menggunakan aplikasi, tetapi menggunakan E-OBU (Electronic On-Board Unit) yang masih berbentuk fisik. Nah, sistem yang akan di jalankan nantinya sudah terdapat built-in OBU, maka tidak perlu membeli OBU. Jika proyek Multi Lane Free Flow sudah berjalan 100% maka setiap gerbang toll akan di tiadakan.

Cara kerja aplikasi ini, pengguna harus daftar dahulu agar di ketahui nomor plat kendaraan. Selanjutnya satelit akan mencocokan peta sedari masuk tol hingga keluar melalui gps yang ada pada HP. Nantinya akan terakumulasi sendiri biaya yang di habiskan, lalu menyedot secara otomatis uang pada dompet elektronik. MLFF akan diterapkan pada daerah Jakarta dan sekitarnya serta tol Bali Mandara sebagai uji coba.

Aplikasi cantas sebagai pengganti kartu e-toll nantinya akan menggunakan metode pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini aplikasi cantas pada tahap di persiapkan, belum resmi di luncurkan. Adanya aplikasi baru untuk pembayaran transaksi toll  yang akan di gunakan pada masa mendatang di harapkan dapat mengurangi macet seperti ketika melakukan pembayaran menggunakan kartu.

Baca juga : Whatsapp di bajak tidak di sadari pengguna
Cara mengatasi google eror

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top