skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Ini Dia Cara Shutdown Windows Melalui Perintah Suara

Ini Dia Cara Shutdown Windows Melalui Perintah Suara

Hallo sobat Creative!

Komputer atau laptop sobat Creative ternyata bisa shutdown melalui perintah suara, restart atau log off secara otomatis lohh. Terdengar sangat canggih bukan? Mungkin sobat creative pernah melihat film Iron Man, sewaktu sang komputer JARVIS (Just A Rather Very Intelligence System), bisa mendengarkan dan menjalankan perintah sang empunya (Tony Stark).

Lalu, gimana cara shutdown windows melalui perintah suara?

Apa yang sobat Creative butuhkan supaya bisa mematikan windows hanya dengan suara ini? Jawabnya adalah Cortana, sebuah software personal assistant yang mampu menerima perintah suara untuk menjalankan perintah apapun yang dikenalinya. Cortana sudah menjadi bawaan pada Windows Phone 8.1 dan Windows 10 tanpa harus instal lagi. Jadi, tips ini hanya akan berjalan pada Windows 10, dan jangan lupa untuk setting negara ke america atau bahasa yg disupport Cortana.

Langkah untuk mematikan windows dengan suara ini tidak terlalu sulit. Jika Cortana sudah terinstal, sobat Creative hanya perlu membuat dan menambahkan perintah suara baru.

Caranya adalah dengan membuat shortcut dengan perintah mematikan komputer, berikut rinciannya:

  1. Buka windows explorer atau tekan tombol kombinasi shortcut Start + E.
  2. Buka folder tempat lokasi semua program yaitu dengan urutan folder berikut:

C:\Users\Username2Xf2E6aEU7n685eHEbXGYHrmWn2y7a62UWBrtZzodVdD Menu\Programs

  1. Sesuaikan “Username sobat Creative” dengan nama username di komputer. Jika pada bagian “AppData” sobat Creative tidak bisa melihatnya, pastikan untuk ceklis Show hidden files / folder dari “Folder Options” untuk menampilkan file / folder tersembunyi.
  2. Jika sudah berada di folder program, klik kanan dan pilih “New Shorcut”. Pada kolom “location” tambahkan kode mematikan windows berikut.

shutdown.exe -s -t 5

shutdown.exe adalah file yang digunakan untuk menjalankan perintah shut down, restart atau log off. sementara “-s” adalah perintah “shutdown”, adapun “t” adalah delay sebelum perintah dijalankan. Sesuai contoh adalah “5”, itu artinya komputer akan segera mati setelah 5 detik. Tentu sobat Creative bisa menentukan sendiri apakah ingin lebih cepat atau lebih lama.

  1. Beri nama shortcut yang sobat Creative buat tadi yang mudah dikenali Cortana dan mudah di ingat. Misalkan Turn Off, Shutdown, Bye Bye, Let Sleep dan sebagainnya.
  2. Selanjutnya tinggal jalankan Cortana dan berikan perintahnya, semisal “Hey Cortana, Open Let Sleep (Shutdown, Byebye dst)”

Selain perintah mematikan komputer, sobat Creative juga bisa membuat perintah lainya untuk restart, log off, hibernate dan Sleep. Caranya sama saja seperti cara di atas hanya saja kodenya silahkan sesuaikan dengan kode di bawah:

  • log off:shutdown.exe -L
  • Restart:shutdown.exe -r
  • Sleep:rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0
  • Hibernate:rundll32.exe PowrProf.dll, SetSuspendState

Nah itu dia cara shutdown windows melalui perintah suara, dan kode lainnya jika ingin menggunakan suara secara otomatis. Jika sobat creative merasa kurang paham, langsung komentar di bawah ini!

Baca juga : RAR Rusak? Ini Cara Mengatasinya!

Penulis : Ahlaqul Karimah M.
Editor   : Aviona Partya Dewi

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top