\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Cara Mengatasi Google Error Pada Android

Cara Mengatasi Google Error pada Android

UKM TRIPLE-C – Beberapa layanan pada aplikasi Google dilaporkan telah terjadi suatu masalah terhadap sistem operasi Android, yaitu pada Selasa(22/6) sekitar pukul 11.00 WIB. Netizen di media sosial banyak sekali yang mengeluhkan mengenai layanan Google yang error ataupun crash ini. Kemudian dari permasalahan yang terjadi membutuhkan sebuah cara mengatasi google error pada Android tersebut.

Permasalahan error atau crash pada aplikasi Google hari ini diprediksi adanya pembaruan terkini yang dikeluarkan oleh perusahaan, pada tipe 12. 23. 16. 23. arm64 serta 12. 22. 8. 23 dari Google app. Sebagian pengguna pula memberi tahukan tentang kerusakan di aplikasi Google ini dengan tipe beta 12. 24. 7. 29. arm64 Aplikasi.

Baca juga: Logo Baru Telkomsel, Yang Telah Rilis Ini Maknanya

Menurut daftar Play Store aplikasi Google, versi aplikasi tersebut bisa bermacam-macam di berbagai fitur. Sehingga, pengguna bisa jadi akan menghadapi masalah layanan error atau crash pada aplikasi dengan tipe yang berbeda.

Dari masalah yang telah terjadi ini mengakibatkan tumbangnya beberapa layanan di aplikasi Google seperti ‘Search’ dan ‘Gmail’ yang turut dilaporkan tidak dapat berfungsi.

Kendati demikian terdapat beberapa metode dalam mengatasi layanan Google yang eror atau crash pada Android. Setidaknya terdapat 4 cara yang dapat dicoba, yakni:

  • Bersihkan Cache
  • Soft Reboot
  • Uninstall Update
  • Beralih ke Versi Beta

Bersihkan Cache

Cara membersihkan cache atau file sampah pada Android adalah sebagai berikut:

Buka menu Pengaturan ‘Settings’ pada ponsel Anda. Kemudian, pilih opsi Manajemen Aplikasi ‘App Management’. Selanjutnya pilih Aplikasi Google ‘Google Apps’ > Penyimpanan & Cache ‘Storage & Cache’ >  Clear Cache > Hapus Data ‘Clear Data’ > OK.

Dari cara tersebut yang perlu diperhatikan adalah bahwa pada langkah ini akan mengembalikan pengaturan aplikasi ke mode default.

Soft Reboot

Langkah-langkah dalam melakukan soft reboot di Android guna mengatasi kendala pada layanan Google Terus Berhenti adalah sebagai berikut:

Soft reboot bisa dilakukan hanya dengan menahan pada tombol power/daya selama 30 detik, sehingga ponsel nantinya akan melakukan Restart. Untuk beberapa pengguna, cara ini diklaim sangat ampuh untuk memperbaiki masalah pada layanan ‘Search’ dan ‘Gmail’.

Uninstall Update

Dari beberapa cara guna memperbaiki masalah pada layanan ‘Google terus berhenti’, pengguna disarankan untuk menghapus pembaruan dari aplikasi Google (uninstall update. Cara ini diklaim ampuh untuk menghentikan pop-up itu sehingga tidak ada lagi pop-up yang muncul.

Langkah-langkah untuk uninstall update yaitu:

Buka pada menu Pengaturan ‘Setting’ pada ponsel Anda. Kemudian, buka pada bagian pengelolaan aplikasi. Selanjutnya cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang telah muncul. Lalu klik pada menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas serta pilih ‘Hapus instalan pembaruan’. Setelah itu klik ‘Ok’ di prompt yang telah muncul.

Beralih ke Versi Beta

Selain cara-cara yang telah ada di atas, langkah terakhir Anda juga bisa beralih pada Google versi Beta 12.24. Hal ini dilakukan untuk membuat aplikasi Google yang terinstall di ponsel akan berbeda dari aplikasi Google di kebanyakan ponsel pada Android.

Bagi pengguna yang belum pernah mengalami layanan ‘Google Keep Stopping’ atau ‘Google Terus Berhenti’, disarankan untuk tidak mencoba melakukan langkah update layanan Google App di ponsel Android mereka.

Hal ini dapat dilakukan dengan menon-aktifkan fitur-fitur yaitu auto-update atau update otomatis pada aplikasi Google lewat Play Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top