\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
10 Referensi Website Gratis Belajar Coding Untuk Pemula

10 Referensi Website Gratis Belajar Coding Untuk Pemula

Sudahkah kamu belajar coding hari ini?

Hmm, seiring berkembangnya teknologi khususnya dibidang IT coding merupakan bahasan yang menarik baru-baru ini.

Tanpa kamu sadari atau tidak, belajar coding sudah menjadi tren saat ini. dan menjadikan para pemula yang ingin belajar coding semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Banyak para pemula beranggapan bahwa belajar coding harus mengikuti kursus ataupun melalui bangku sekolah atau kuliah.

Perlu kamu ketahui bahwa belajar coding tidak perlu kuliah atau pun mengikuti kursus tertentu kok. karena sekarang sudah banyak website gratis yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja untuk belajar coding bagi pemula sekalipun.

Sebelum kita melanjutkan perlu kita ketahui Apa sih coding itu? dan dimana kita bisa belajar coding untuk pemula ? nah, di artikel ini, kamu akan mengetahuinya.

Apa Itu Coding?

Coding adalah menulis baris kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. supaya dapat dipahami oleh komputer, baris kode tidak boleh asal, melainkan terdapat aturan sintaks yang berlaku dan wajib kamu ikuti. aturan ini tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan untuk menulis skrip.

10 website Belajar Coding Gratis

Berikut beberapa daftar website belajar coding gratis untuk pemula yang bisa kamu diakses, dengan hanya menghubungkan perangkat kalian ke jaringan internet. dan kamu dapat belajar coding sesuai kebutuhan kamu.

1. CodeAcademy

coding

CodeAcademy merupakan situs website untuk belajar coding gratis untuk pemula maupun bagi kamu yang sudah mencapai tingkat yang lebih expert. Website CodeAcademy ini juga menyediakan kuis yang bisa kamu coba untuk mengetahui kemampuan kamu dalam memahami materi yang telah kamu pelajari.

Berikut bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari seperti HTML, JavaScript, jQuery, PHP, Ruby, dll

2. W3schools

coding

W3schools adalah website untuk kamu yang suka cara belajar coding sekaligus mempraktekan materi yang sudah kamu dipelajari.

kamu akan memulai pembelajaran dengan kuis singkat untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuanmu dan harus dari manakah kamu mulai pembelajaran.

W3school juga menyediakan banyak contoh kode, dan kamu bisa langsung memofidikasi dalam text editor yang sudah tersedia didalam situs tersebut secara online.

Berikut adalah bahasa pemrograman yang disediakan HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, Python, Java, C++, dll

3. Free Code Camp

coding

Free Code Camp merupakan website yang menawarkan komunikasi real-life dan komunitas seputar pembelajaran bahasa pemrograman. Kamu bisa belajar coding dengan mengikuti berbagai challenge.

Beberapa bahasa yang dapat kamu pelajari di situs belajar coding ini HTML5, CSS3, Javascript, Node.js, React.js, D3.js dll

4. Khan Academy

coding

Khan Academy adalah tempat yang cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan pengetahuan atau skill coding, karena kamu bisa mengikuti kursus dan membaca tutorial berbagai topik. mulai dari dasar.

Kamu cukup pilih bahasa pemrograman yang kamu sukai, seperti HTML, CSS, Javascript, Database. dll

5. CopePolitan

coding

CopePolitan merupakan salah satu tempat belajar coding berbahasa indonesia yang menyediakan kursus tutorial training dan ebook.

Situs ini juga menyediakan fitur agar pengguna bisa mengedit script dari situs tersebut. Untuk memudahkan pengguna dalam belajar sehingga lebih efektif.

Bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari seperti HTML, PHP, JavaScript, Python dll

6. CodeSaya

coding

CodeSaya adalah situs belajar coding di indonesia, yang sudah bisa kamu pakai untuk belajar coding secara gratis.

Beberapa bahasa pemrograman yang disediakan seperti Python, PHP, JavaScript, dll

7. SekolahKoding

coding

Sudah terdapat banyak video pembelajaran di SekolahKoding yang bisa kamu akses. Selain itu, website ini juga mempunyai fitur mading untuk melihat pencapaian hasil codingmu.

8. Dicoding

coding

Dicoding adalah website untuk belajar tentang coding, disini kamu akan ditantang dengan beberapa pertanyaan oleh para expert untuk mengetahui pengetahuanmu.

Dan nantinya, semua jawaban kamu akan diperiksa secara manual dan diterapkan sistem poin untuk setiap jawaban kamu yang benar.

9. Dunia Ilkom

coding

Dunia Ilkom merupakan website yang sangat cocok bagi para pemula, karna karena materi yang disediakan sangat runtut dan memiliki tingkatan, mulai dari dasar sampai level yang expert.

Website ini juga menyediakan beberapa ebook yang bisa kamu unduh secara gratis maupun berbayar.

Fokus website Dunia Ilkom saat ini yaitu tutorial web programming seperti HTML, CSS, PHP, MySQL, JavaScript. dll

10. Coursera

coding

Coursera adalah website yang didirikan oleh dua orang profesor Stanford Computer Science. coursera telah menyediakan banyak tutorial, kursus, dan resource berbasis coding juga telah tersedia di website ini.

Mulai dari materi pemrograman dasar sampai dengan expert bisa kamu temukan. kursus di coursera gratis untuk semua orang. Tapi kalau kamu ingin memperoleh sertifikat, kamu harus membayar biayanya.

Berikut bahasa pemrograman yang tersedia di Coursera seperti Python, Java, HTML, CSS, IoT Programming, C Language, Introduction to programming dll

Baca juga: 10 Referensi Website Gratis Belajar Coding Untuk Pemula

 

Kesimpulan

Banyak referensi yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding sesuai yang kamu butuhkan.

Tinggal kamu menentukan untuk mulai mempelajari materi yang telah diberikan. Tetap konsisten dan banyak latihan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuanmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top