skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Jadikan Desainmu Makin Menarik Dengan Tipografi

Jadikan Desainmu Makin Menarik Dengan Tipografi

Hallo Sobat Creative!

Bagi seorang graphic designer, tipografi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan tidak hanya untuk menarik perhatian tapi juga untuk menyampaikan karakter dan pesan brand kepada target audiensnya. Agar desainmu makin menarik dengan tipografi, penting mengenal konsep dan penerapan tipografi dalam desain grafis. Yuk simak di bawah ini!

Tipografi itu apasih?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, tipografi merupakan ilmu cetak atau seni percetakan. Dengan kata lain, sebagai sebuah teknik dalam mengatur huruf dan teks agar menarik serta pembaca mudah memahami, baik cetak maupun digital. Adanya penggunaan tipografi yang jelas akan memberikan kesan yang baik dan nyaman untuk pembaca.

Sepenting apa sih tipografi buat design grafis?

Penggunakan tipografi ialah untuk menyesuaikan teks yang ada dalam desain, hingga dapat membantu sobat creative dalam membuat konten yang sesuai dengan tujuan. Baik itu untuk membuat desain yang estetik, maupun untuk membuat teks yang dapat dibaca dan memberi kesan tertentu yang dapat membantu brand berkomunikasi dengan audiensnya secara efektif. Selengkapnya simak beberapa alasan pentingnya tipografi dalam desain grafis berikut ini. 

  • menarik perhatian audiens

Rentang perhatian orang rata-rata cepat. Itu sebabnya untuk membantu brand menarik perhatian target pelanggan atau audiens dengan cepat, dapat memanfaatkan kekuatan tipografi untuk menunjang hal tersebut. 

  • membuat teks yang ramah pembaca

Penggunaan tipografi yang cermat dapat memastikan audiens, pelanggan atau pengunjung dapat membaca teks dengan mudah. Sebab, keterbacaan konten juga tergantung pada bagaimana desainer melakukan penyelarasan dan penataan teks sehingga tujuan untuk mengarahkan pembaca pada informasi yang paling penting juga dapat tercapai. 

  • menerapkan hierarki

Dengan memanfaatkan berbagai ukuran dan jenis font, sebagai graphic designer kamu dapat menarik perhatian pengunjung ke informasi yang paling penting terlebih dahulu

  • membuat value dan tone brand

Ada banyak jenis tipografi yang dapat mewakili suasana dan efek yang berbeda melalui sebuah desain.  Itu sebabnya audiens kemudian dapat memahami desain dengan menangkap pesannya. Karena alasan tersebut tipogarafi dapat dikatakan membantu dalam menentukan value dan tone dari sebuah brand. 

  • membangun brand recognition

Dalam desain grafis, font adalah visual yang dapat diingat oleh target pelanggan atau pengunjung dalam waktu yang lama. Visual ini lah yang dapat membantu bisnis atau brand dalam menghadapi persaingan dengan membangun brand recognition di antara pelanggannya. 

  • menciptakan harmoni

Desainer grafis juga membutuhkan tipografi untuk memastikan harmoni dalam desain atau halaman website. Ingat bahwa, desain yang harmonis akan memberikan efek artistik bagi siapa saja yang melihatnya. 

  • memberikan kepribadian pada sebuah desain

Seperti yang dijelaskan tadi, tipografi dan font membawa karakteristik dan maknya yang berbeda. Itu sebabnya seorang desainer dapat menggunakannya untuk memberikan kepribadian pada sebuah desain. 

  • membuat visual yang berdampak

Tipografi adalah elemen penting untuk membangun kesan pada audiens atau pengguna. Contohnya font yang lebih besar memberi efek visual yang berani. 

Contoh Konten Tipografi

 Tipografi
  typography
(sumber: tipografi konten instagram by Mala (pengurus UKM Creative Computer Club)

Nah itu tadi ulasan di atas agar konten sobat creative makin keren, yuk jadikan desainmu makin menarik dengan tipografi!

Baca juga : situs penyedia mockup gratis

Author : M. Nizamudin
Editor  : Aviona Partya Dewi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top