skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Hal Yang Harus Dipelajari Untuk Membuat Website

Hal Yang Harus Dipelajari Untuk Membuat Website

Hal  Yang Harus Dipelajari Untuk Membuat Website, Sebelum membuat website tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu hal penting yang nantinya akan digunakan dalam proses pembuatan Web.

Membuat website sendiri sangat banyak diminati oleh sebagian orang yang terjun dalam dunia Teknologi. Web Developer itulah sebutan bagi orang yang membuat dan mengelola website.

Pastinya penasaran kan hal- hal apa saja sih yang harus dipelajari sebelum membuat website.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

  1. HTML

HTML (Hypertext Markup Languange) adalah salah satu bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat struktur halaman pada website.

Bahasa pemograman yang satu ini menjadi script yang wajib dibuat dalam membuat atau mengembangkan sebuah website. HTML dapat membuat atau menyusun heading, teks, link, gambar untuk diakses oleh banyak orang melalui sebuah website.

  1. CSS

Cascading Style Sheets  atau sering disingkat dengan CSS, pada bahasa pemograman ini mempunyai fungsi sebagai lanjutan dari HTML yaitu mengatur sebuah komponen yang telah dibuat sebelumnya.

Dengan kita membuat komponen yang teratur maka website yang kita buat tentunya akan terlihat lebih rapi dan menarik ketika diakses oleh sebagian pengguna.

Untuk komponen yang diatur dalam bahasa pemogramanan ini contohnya yakni mengatur bentuk gambar, warna teks, ukuran teks, margin, spasi, dan tentunya masih banyak lagi tools yang bisa kita manfaatkan dalam CSS.

  1. Javascript

Salah satu bahasa pemograman yang paling populer dalam pembuatan website dengan konten dinamis adalah Javascript.

Merupakan bahasa pemograman bersifat client-side yang digunakan untuk membuat interksi atau menambah fitur web agar lebih menarik ketika diakses oleh user. Ketika kita mempunyai website yang interaktif tentunya akan sangat diminati oleh pengguna.

  1. PHP

PHP (Hyepertext Propcessor) adalah sebuah bahasa pemograman yang bersifat open source dimana siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya. Dalam website sendiri PHP digunakan sebagai pengembangan website yang berjalan secara dinamis,

sehingga dalam penggunaan PHP kita bisa menghubungkan website yang kita buat agar bisa berjalan dengan basis data atau database.

Kesimpulan

Dalam mempelajari sebuah website tentunya ada beberapa bahasa pemograman yang harus dipahami serta dikuasai, yang mana disetiap bahasa pemograman memiliki fungsi masing-masing yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan website.

Baca Juga: 5 Tema Terbaik Visual Studio Code – UKM TRIPLE-C

 

Penulis: Syahid Al Aziz

Editor : Aliffia Nurrohmah Zulkarnain

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top