\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Search Engine Terbaik Dan Macam-Macamnya

Search Engine Terbaik dan Macam-Macamnya

UKM TRIPLE-C – Dalam mencari informasi tentang suatu hal dapat dilakukan menggunakan search engine. Akan tetapi dahulu kita pasti bertanya kepada seseorang yang dianggap lebih mengetahui informasi tersebut atau mendatangi perpustakaan dengan membaca referensi yang disediakan.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun ikut berkembang. Saat ini, pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah, dengan hanya memanfaatkan perangkat smartphone yang terhubung internet kita dapat mengakses banyak informasi.

Baca juga: Cara Mengatasi Google Error pada Android

Caranya yaitu dengan memasukan kata kunci pada sebuah search engine, kemudian menekan satu klik. Tidak perlu menunggu lama, search engine akan menampilkan gambaran informasi dari hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci permintaan pencarian.

Berikut ini 5 Search Engine terbaik :

Google

Wah, siapa sih yang tidak kenal dengan software yang satu ini? Hampir seluruh penduduk dunia yang memiliki ponsel android memiliki software ini di ponsel pintarnya dan sebagian besar sering menggunakan search engine ini untuk mencari informasi.

Google adalah search engine terbesar dan terpopuler yang sangat mendunia. Di Indonesia, market share google mencapai 97.97%. Fantastis, angka ini menunjukkan bahwa google merupakan search engine yang paling banyak digunakan di Indonesia. Eksisnya google tentunya bukan tanpa sebab. Salah satunya dikarenakan informasi hasil pencarian yang ditampilkan pada pengguna paling relevan dibandingkan dengan search engine yang lain, sehingga banyak pengguna internet yang percaya dengan google.

Bing

Bing merupakan salah satu contoh search engine terbaik lainnya yang paling tepat sebagai pengganti google. Saat ini, Bing semakin memiliki banyak pengguna di Indonesia. Bing sendiri adalah salah satu produk yang diluncurkan oleh perusahaan microsoft sebagai “jawaban” untuk google dalam upaya pengembangan search engine.

Yahoo!

Yahoo adalah penyedia layanan email yang sudah lama dibuat dan dikenal diseluruh dunia. Selain menjadi penyedia layanan email tanpa biaya, yahoo juga menyediakan layanan search engine yahoo! search. Halaman hasil pencarian yahoo! search lebih menyerupai portal berita di halaman hasil pencarian google.

Berdasarkan tingkat popularitas Yahoo! lebih bersaing dengan Bing. Persentase market share yahoo! di Indonesia sampai pada bulan Mei 2020 mencapai 0,8%. Sedangkan, market share bing di Indonesia sampai pada bulan Mei 2020 mencapai 0,3%. Dengan demikian, search engine yahoo! lebih diminati dengan berada diurutan kedua setelah google.

DuckDuckGo (DDG)

Duckduckgo adalah alternatif search engine untuk google. DuckDuckGo tidak mempunyai katalog atau index pencarian sendiri. Gambaran hasil pencarian yang diberikan kepada pengguna internet kebanyakan diambil dari berbagai sumber lain seperti dari google, yahoo!, atau bing.

Meski begitu, DuckDuckGo memiliki kelebihan, aplikasi ini memiliki interface yang baik, tidak banyak menayangkan iklan, dan tidak melacak identitas penggunanya. Hal ini disebabkan karena komitmen dari DDG dapat menjaga privasi para penggunanya.

Dengan kelebihan yang ditawarkan, tak heran DDG cukup populer bagi pengguna di Indonesia. Persentase market share DuckDuckGo di Indonesia sampai pada bulan Mei 2020 mencapai 0.22%, sehingga DDG berada diurutan keempat teratas statcounter Indonesia tahun 2020.

Baidu

Baidu merupakan contoh search engine yang berasal dari Cina dengan produk dan layanannya menyerupai dengan google. Di negara pembuatnya, baidu adalah search engine yang sangat menguasai dari pada yang lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan angka persentase market share baidu di Cina lebih dari 80%, unggul jauh dari google dan bing. Berbagai fasilitas yang dihasilkan oleh pencarian yang disediakan baidu yaitu dapat berupa website, gambar, video, dan file audio dalam bahasa Mandarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top