skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
5 Database Terpopuler Di Dunia

5 Database Terpopuler Di Dunia

5 Database Terpopuler Di Dunia, Database adalah sebuah sekumpulan data yang sudah terelasi dengan aplikasi, umumnya database disimpan di server atau cloud dan diakses secara online, ada pun database yang bersifat offline yang disimpan pada localhost.

Database juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut.

Kenapa database menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Berikut ulasan 5 Database Terpopuler Di Dunia yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan database sobat creative.

1. Oracle

Database Terpopuler Di Dunia

Pertama, dan menjadi Database yang paling populer saat ini, Oracle sendiri merupakan database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS.

Database Oracle biasanya digunakan oleh para penggunanya untuk menjalankan pemrosesan transaksi online, pergudangan data, dan beban kerja basis data campuran. Oracle juga dapat digunakan pada platform Windows, Linux, maupun MacOS.

 

2. MySQL

Kedua, SQL merupakan kepanjangan dari Structured Query Language, database MySQL ini bersifat open source dan menjadi salah satu database paling populer di dunia.

Banyak pengguna memilih database ini karena lebih familiar dan mudah digunakan. Namun, database MySQL ini tidaklah cocok untuk menangain data dengan skala besar.

MySQL dapat digunakan pada platform Windows, Linux, MacOS, FreeBSD, Solaris, Amiga, dll.

 

3. SQL Server

Selanjutnya, SQL Server ini adalah database relasional yang memiliki fitur untuk pengelola database dan fitur server lainnya.

SQL Server dikembangkan dengan menggunakan bahasa C dan C++ pada 24 April 1989.

Mempunyai fungsi utama menyimpan dan mengambil data oleh aplikasi komputer lain yang dapat berjalan di komputer yang sama atau di server yang sama. Dan database ini dapat digunakan pada platform Windows, Linux, dan Docker.

 

4. PostgreSQL

PostgreSQL atau bisa disebut juga postgres. merupakan sistem manajemen basis data relasional gratis dan open source.

Biasanya PostgreSQL digunakan sebagai gudang data atau layanan web dengan banyak pengguna secara bersamaan.

Dikembangkan oleh PostgreSQL Global Development Group pada 8 Juli 1996 dan dikembangkan menggunakan bahasa C. PostgreeSQL sendiri dapat digunakan pada platgform Windows, Linux, MacOS, FreeBS, dan OpenBSD.

 

5. MongoDB

5 Database Terpopuler

Terakhir, Berbeda dengan yang diatas MongoDB dikatakan sebagai aplikasi database NonSQL yang mana berarti tidak memiliki relasi antar koleksi.

MongoDB dikembangkan oleh MongoDB inc pada tanggal 11 Februari 2009 dan dikembangkan dengan bahasa C++, Go, JavaScript, Python

 

Kesimpulan

Itulah tadi 5 Database Terpopuler Di Dunia, perlu diingat bahwa setiap database pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, gunakan database sesuai kebutuhan kalian. Jadi sobat creative sudah pernah pake database apa saja? Selamat mencoba.

 

Baca juga: 6 Rekomendasi Penyimpanan Online Terbaik dan Gratis.

Editor : Aliffia Nurrohmah Zulkarnain

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top