\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Cara Upgrade Windows 11 Begini Cara Mengeceknya

Cara Upgrade Windows 11 Begini Cara Mengeceknya

UKM Triple-C, Beberapa jenis laptop saat ini dapat meng-update ke Windows 11. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah PC dan laptop dapat di upgrade Windows 11 ataupun tidak.

Dikarenakan tidak semua jenis laptop dapat melakukan Update ke dalam Windows 11. Hanya beberapa jenis laptop yang telah memenuhi persyaratan saja.

Baca juga: Cara Forward Pesan WhatsApp Secara Otomatis

Cara Upgrade Windows 11

Microsoft Indonesia telah menginformasikan pembaruan Windows 11 yang dapat diunduh (download) oleh para pengguna secara gratis pada Selasa (5/10).

Untuk melakukan pengecekan apakah PC dan laptop para pengguna telah kompatibel dengan sistem operasi terbaru ini dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Gunakanlah Aplikasi Microsoft’s PC Health Check

Ikuti langkah demi langkah berikut ini untuk menguji apakah PC dan laptop Anda memenuhi persyaratan sistem untuk dapat upgrade ke Windows 11.

  1. Mengunduh aplikasi Microsoft’s PC Health Chec.
  2. Lalu buka file, setujui segala persyaratan layanan dan klik pasang.
  3. Kemudian pastikan untuk kotak dicentang dengan tulisan “Open PC Health Check”, lalu klik “Finish”.
  4. Setelah itu beranda aplikasi yang tampil dengan mengatakan “PC health at a glance. ‘At the top, a box reads, “Introducing Windows 11.’ Kemudian, klik “Check.

Akan tetapi, jika PC dan laptop Anda tidak kompatibel maka Anda akan menerima sebuah pesan yang menyatakan “This PC doesn’t currently meet Windows 11 system requirements”.

Baca juga: Penyebab WhatsApp, Facebook dan Instagram Tumbang 6 Jam di Sejumlah Negara

Gunakanlah Aplikasi WhyNotWin11

Sebuah aplikasi terbuka yaitu WhyNotWin11 merupakan alternatif lain yang dapat dipasang selain aplikasi “PC Health Check”.

Dengan adanya aplikasi WhyNotWin11 ini dapat memberikan Anda lebih banyak informasi dan penjelasan yang lebih detail mengenai berbagai macam potensi masalah kompatibilitas seperti dikutip Cnet.

Periksa Daftar Spesifikasi Sistem di Situs Microsoft

Cara selanjutnya untuk dapat menentukan apakah PC dan laptop Anda dapat di upgrade ke Windows 11 yaitu Anda dapat melihat daftar spesifikasi sistem ini di dalam situs resmi Microsoft.

Jika mesin Anda kompatibel Anda akan dapat langsung mengunduh pembaruan Windows 11 secara gratis saat layanan tersedia. Jika Anda merupakan bagian dari sebuah Program Windows Insider, Anda juga dapat mengunduh versi build “Insider Preview”.

Berikut ini daftar lengkap persyaratan sistem yang digunakan untuk meng-upgrade ke Windows 11, termasuk juga setidaknya memiliki RAM 4GB, ruang penyimpanan 64GB dan layar 720p yang dari 9 inci secara diagonal lebih besar.

Syarat PC dan Laptop dapat Upgrade Windows 11

Microsoft telah menginformasikan mengenai daftar PC dan laptop yang mendapatkan pembaruan system ke dalam Windows 11 secara gratis.

Akan tetapi, tidak semua perangkat PC dan laptop yang telah menggunakan Windows 10 dapat upgrade ke dalam Windows 11.

Untuk dapat upgrade ke dalam Windows 11, terdapat syarat minimum yang harus ada dalam PC dan Laptop yaitu:
CPU yang digunakan adalah CPU System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau juga dapat dengan kecepatan minimum 1 GHz. Untuk RAM yang digunakan yaitu 4 GB dengan Storage 64 GB.

Baca juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Android Yang Cepat Penuh

Kemudian untuk System firmware yaitu UEFI yang dapat mendukung Secure Boot. TPM yang digunakan yaitu Trusted Platform Module (TPM) untuk versi 2.0. Dan jenis GPU yang harus ada yaitu GPU yang dapat mendukung DirectX 12 atau bahkan yang lebih baru dan driver WDDM 2.0

Display: Layar yang digunakan lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang dapat mendukung sistem warna 8-bits per channel. Kemudian syarat lainnya yaitu koneksi internet dan akun Microsoft.

Sehingga dengan syarat tersebut tidak semua PC dan laptop yang telah menggunakan Windows 10 akan langsung mendapatkan pembaruan sistem Windows 11.

Untuk selanjutnya perangkat yang lawas akan mendapatkan pembaruan system secara bertahap. Dimana akan dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi perangkat keras, metrik keandalan, usia perangkat dan faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja dari Windows 11.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top