\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan HP Android Yang Cepat Penuh

UKM-Triple-C, Para pengguna smartphone Android sering kali mengalami ruang penyimpanan HP Android penuh. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal dari mulai banyak aplikasi yang telah tidak digunakan hingga menumpuknya file yang berukuran besar.

Smartphone jenis Android memiliki berbagai macam kapasitas ruang penyimpanan. Mulai dari 16 GB hingga yang paling besar yaitu mencapai kapasitas ruang penyimpanan 1 TB.

Baca juga: 6 Situs Terbaik Belajar Editing Video Online Gratis

Ruang Penyimpanan HP Android

Kapasitas ruang penyimpanan ini merupakan elemen yang sangat penting untuk menunjang performa dari suatu ponsel. Sedikitnya ruang penyimpanan yang ada dalam ponsel tersebut dapat menyebabkan penurunan kinerja suatu ponsel.

Demikianlah para pengguna harus memperhatikan kapasitas ruang penyimpanan guna ruang yang tersedia dalam ponsel masih memungkinkan untuk dapat bekerja lebih optimal.

Akan tetapi jika kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel tersedia hanya sedikit, maka perlu diperhatikan hal berikut ini agar memperbanyak Kembali ruang penyimpanan yang ada pada ponsel.

Aplikasi Terlalu Banyak

Para pengguna smartphone sering kali mengunduh berbagai macam aplikasi terutama aplikasi yang sedang tren. Akan tetapi tak jarang pula dari beberapa aplikasi yang diunduh para pengguna hanya menggunakan aplikasi tersebut sebentar saja.

Aplikasi seperti inilah jika terus dibiarkan akan menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan yang ada pada ponsel. Makanya perlu untuk dihapus agar performa smartphone tidak menurun.

Baca juga: Cara Memasang Background Zoom di HP Android Mudah dan Cepat

Barikut beberapa cara dalam menghapus aplikasi pada smartphone Android:

  1. Buka pada bagian Pengaturan ponsel
  2. Pilih beberapa Aplikasi yang tersedia
  3. Kemudian pilih Aplikasi yang ingin dihapus
  4. Selanjutnya klik Hapus atau Uninstal

Banyak Data Tidak Terpakai

Smartphone yang telah lama digunakan akan mengalami penumpukan data pada ponsel tersebut. Dari beberapa data tersebut mungkin sudah tidak digunakan lagi. Hal itupun membuat ruang penyimpanan pada ponsel penuh.

Maka dari itulah pengguna disarankan untuk menghapus data-data tersebut melalui fitur manajemen file.

Selain itu, para pengguna dapat menggunakan fitur manajemen ruang penyimpanan guna mencari data-data untuk dihapus, seperti file yang berukuran besar atau file ganda pada ponsel.

Berikut cara untuk menghapus data pada ponsel:

  1. Buka pada bagian Pengaturan/Settings di ponsel
  2. Kemudian pilih Battery and Device Care
  3. Lalu klik Storage
  4. Setelah itu pilih pada bagian Duplicate Files atau Large Files
  5. Kemudian pilih File yang Anda ingin hapus

Cache Yang Menumpuk

Cache ini merupakan sekumpulan file yang diperlukan dalam aplikasi tersebut agar performa dari suatu aplikasi dapat berjalan dengan efisien dan lebih cepat.

Akan tetapi, jika cache ini tidak dihapus dalam waktu yang cukup lama akan membuat ruang penyimpanan semakin habis. Makanya perlu dihapus juga cache atau file sampah ini.

Berikut cara untuk menghapus cache dalam suatu aplikasi:

  1. Buka pada Pengaturan di ponsel
  2. Pilih Pengelola Aplikasi
  3. Kemudian pilih Aplikasi yang ingin dihapus cache-nya
  4. Klik Hapus cache

Foto Dan Video Berukuran Besar

Smartphone yang memiliki resolusi tinggi dan kualitas kamera yang baik akan menghasilkan hasil foto dan video dengan ukuran yang besar. Hal ini jika tidak dipindah atau tidak di hapus akan membuat ruang penyimpanan semakin menipis.

Selain itu pula sering mengirim foto atau video dengan beberpa aplikasi akan membuat sampah baru pada ponsel. Ditambah pula dengan tren penggunaan sosial media yang bermacam-macam untuk menghasilkan foto dan video lebih banyak.

Maka dari itu para pengguna disarankan untuk menghapus atau melakukan back up untuk foto atau video yang telah lama itu agar performa smartphone lebih baik.

Penggunaan Offline Maps

Google Maps saat ini mempunyai fitur offline maps yang memberikan fitur untuk melihat peta tanpa menggunakan paket data pada ponsel. Akan tetapi walaupun ini sangat mempermudah membuat smartphone lebih menghabiskan ruang penyimpanan.

Maka dari itu para pengguna sudah banyak yang tidak menggunakan ini karena memakan ruang penyimpanan itu.

Berikut cara untuk menghapus aplikasi ini:

  1. Buka aplikasi playstore
  2. Pilih pengelola aplikasi atau langsung mencari aplikasi tersebut
  3. Kemudian pilih unistall
  4. Tunggu sampai proses selesai

Baca juga: 5 Tema Terbaik Visual Studio Code – UKM TRIPLE-C

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top