\
skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Windows 11 Palsu? Inilah Bahaya Yang Terjadi

Windows 11 Palsu? Inilah Bahaya Yang Terjadi

UKM TRIPLE-C – Baru-baru ini Microsoft mempersembahkan Windows 11 pada akhir Juni yang lalu. Sistem operasi yang baru ini akan didistribusikan secara resmi pada akhir 2021 yang akan datang. Namun berhati-hatilah karena akan terdapat sebuah Windows 11 palsu.

Meskipun belum dirilis secara resmi, software Windows 11 versi preview telah dapat digunakan oleh pengguna. Caranya yaitu dengan mendaftar dalam software Windows Insider Program.

Akan tetapi, ada beberapa pengguna yang nekad mengunduh Windows 11 versi preview dari beberapa sumber yang belum resmi.

Akibatnya, hal ini pun dapat dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk mendistribusikan Windows 11 preview palsu yang telah berisi berbagai macam software berbahaya tersebut.

Demikianlah yang dapat ditemukan oleh perusahaan keamanan Kaspersky, mengenai Windows palsu ini.

Baca juga: Shortcut Keyboard Pada Aplikasi CorelDraw

Windows 11

Di dalam laman resminya Kaspersky menyampaikan bahwa Windows 11 preview palsu yang telah diunduh dari beberapa sumber yang tidak resmi turut berisi file executable (.exe) yang bernama 86307_windows 11 build 21996.1 x64 dan activator.exe yang memiliki ukuran sekitar 1,75 GB.

Ketika sedang dijalankan maka proses instalasi pun dimulai seperti biasanya. Akan tetapi setelah itu file ini akan mengunduh dan menjalankan file executable yang lain.

Di dalam file selanjutnya menurut Kaspersky para pengguna akan diarahkan untuk menginstal download manager dari Windows 11 preview yang palsu tersebut.

Pada proses inilah para pengguna akan disajikan pemberitahuan lisensi Windows 11. Dalam pemberitahuan itu disebutkan yaitu dowload manager untuk 86307_windows 11 build 21996.1 x64 dan aktivator akan dibundel dengan penawaran tambahan dari sponsor kami.

Dengan cara ini maka pelaku membuat agar perangkat lunak jahat seperti adware dan malware tersebut dapat terpasang di komputer pengguna tanpa disadari oleh pemiliknya.

Karena akan ada berbagai macam malware yang mengintai, Kaspersky menyarankan kepada para pengguna agar menginstall Windows 11 dari sumber resmi atau bisa disebut dari program Windows Insider Program.

Lalu bahayanya apa?

Kemungkinan terburuk setelah menginstal, file yang telah di download tersebut mengandung file berbahaya yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang keamanan data Laptop atau Komputer.

Bahkan bisa saja jika Windows 11 palsu yang telah di download ini tidak mengandung file berbahaya, menginstal software tersebut tidak akan sepadan dengan risiko crash yang akan didapatkan.

Hal itu dimungkinkan karena Windows 11 palsu bukanlah produk yang final. Windows tersebut masih dalam tahap pengembangan atau beta. Karena Windows 11 palsu adalah produk yang tidak resmi, Microsoft pun tidak akan membantu jika tiba-tiba ada bug atau crash saat menjalankan sistem operasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top