skip to Main Content
1-800-987-654 halo@triplec.or.id
Software Untuk Live Streaming

3 Rekomendasi Software Untuk Live Streaming

Sejak adanya virus corona dan masyarakat mendapat himbauan agar di rumah saja, teknologi yang awalnya jarang diketahui bahkan jarang digunakan, kini penggunaannya kian melonjak. Kegiatan yang harusnya secara langsung, kini berubah secara daring.

Saat ini pemerintah telah menetapkan bahwa masa pandemi telah berakhir, akan tetapi teknologi yang telah digunakan sejak pandemi masih sering kali digunakan secara berkala. Terutama kegiatan-kegiatan mahasiswa yang semakin membutuhkan inovasi teknologi terbaru.

Contoh kegiatan mahasiswa yang hingga saat ini ada, yakni webinar. Kegiatan ini tentunya dilakukan secara daring yang memutuhkan software untuk siaran langsung dari jauh. Adapun kegunaan Live streaming yang lain, seperti sebagai tempat berjualan secara online. Yuk simak apa saja rekomendasi software live streaming dari mimin di bawah ini!

3 Rekomendasi Software Untuk Live Streaming

1. Open Broadcaster Software

Salah satu komponen penting dalam melakukan live streaming adalah Open Broadcaster Software atau yang kita kenal dengan sebutan OBS, aplikasi ini bersifat open source (gratis). Melalui OBS ini, kualitas streaming menjadi semakin maksimal dengan adanya fitur-fitur di dalamnya. Adapun fitur-fitur OBS antara lain Scenes, Sources, Audio Mixer, Scene Transitions, Controls.

2.Wirecast

Telestream mengembangkan perangkat lunak bernama wirecast. Wirecast memiliki dua variasi yaitu Wirecast Studio dan Wirecast Pro. Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Wirecast adalah Stream & Record yang bisa dimanfaatkan untuk pengarsipan atau pengeditan offline serta merekam MP4 atau MOV. Software ini memang memiliki harga yang fantastis, tapi sebanding dengan fiturnya.

3.Vmix

Penggunaan vmix dalam proses penyelenggaraan live streaming yakni untuk menghadirkan kualitas HD yang luar biasa. Aplikasi ini juga menyertakan fitur yang mendukung streaming multi-bitrate. Banyak jasa siaran langsung yang menggunakan software Vmix untuk memperlancar siaran langsung. Untuk pengguna Vmix pertama kali bisa mendapatkan percobaan gratis selama 60 hari. Jika membeli harganya pun cukup terjangkau.

Agar bisa memberikan pengalaman live streaming yang baik, pastikan memilih software sesuai dengan kebutuhan dan kualitas perangkat. Nah, itu tadi 3 rekomendasi software untuk live streaming, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga : Edit Video Dengan Software Camtasia

Penulis  : Ajeng Apriliyah
Editor   : Aviona Partya Dewi

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back To Top