UKM TRIPLE-C MENGADAKAN KEGIATAN TRIPLE-C BERBAGI DENGAN ANAK YATIM

Posted on Posted in Uncategorized

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana pada bulan ini umat Islam dianjurkan untuk berbuat amal kebajikan sebanyak banyaknya. Salah satu amal kebaikan tersebut yaitu bisa dengan berbagi dan bersedekah. Pada tanggal 25 Mei 2018 UKM Triple-C mengadakan acara Triple-C Berbagi yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Humas, acara ini mengangkat tema “Aksi Kecil Berjuta Keberkahan di Bulan Ramadhan” yang bertempat di Gedung Student Center (GSC) Universitas Trunojoyo Madura, dengan mengundang sebanyak 50 anak yatim dari Yayasan Sosial Darunnajah Kamal.

Persiapan untuk mempersiapakan acara ini sangatlah panjang. Dimulai pada rapat perdana pada tanggal 8 mei 2018. Berdasarkan hasil kesepakatan bersama dirapat kedua penggalangan dana direncanakan dilaksanakan pada tanggal 16-23 Mei 2018 dengan target dana sebesar Rp.12.500.000. Untuk tiga hari pertama dilakukan penggalangan dana di dalam kampus yaitu masuk disetiap ruang kuliah dan juga menyebar di tempat umum di dalam kampus seperti taman kampus, gedung cakra, serta lab sos. Untuk hari berikutnya penggalangan dana dilakukan dimlur kampus yaitu menyebar di beberapa titik di lampu merah daerah Bangkalan Kota.Setelah melakukan penggalangan dana selama dua hari alhamdulillah target sudah terpenuhi bahkan melebihi target yang ditentukan, keseluruhan dana yang diperoleh yaitu Rp.13.475.200. Dana ini sepenuhnya untuk anak yatim, ada yang diberikan berupa barang diantaranya tas sekolah, Al-Qur’an, mukena untuk perempuan, sarung untuk laki-laki dan juga dalam bentuk uang.

Tiba saatnya yang ditungu-tunggu yaitu tanggal 25 Mei 2018 yang merupakan hari H acara Triple-C Berbagi. Pada pukul 07.00 beberapa panitia sudah berkumpul di GSC untuk persiapan acara, kemudian pada pukul 09.00 dilanjutkan Khotmil Qur’an sampai pukul 11.30, setelah itu sholat jum’at bagi yang laki-laki dan sholat dhuhur bagi yang perempuan sekaligus istirahat sejenak.. Acara ini dihadiri oleh pengurus, alumni, team creative serta beberapa undangan seperti pendiri, pembina, Wakil Rektor 3, Presiden Mahasiswa, ketua DPM serta Ketua Umum dari setiap UKM tingkat Universitas di Universitas Trunojoyo Madura. Peserta anak yatim dari Yayasan Darunnjah Kamal datang di lokasi sekitar pukul 15.30. Kedatangan anak yatim tersebut disambut dengan  lantunan nasyhid islami.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian laporan ketua pelaksana Muhammad Fauzan, dilanjutkan sambutan dari Ketua Umum UKM Triple-C Ginanjar Eka Poetra sekaligus pengenalan Triple-C, kemudian sambutan dari Wakil Presiden Mahasiswa Badrus Soleh Helmi. Sebelum penutupan, dilakukan pemberian santunan secara simbolis oleh alumni Triple C kepada Ketua Yayasan sekaligus penyampaian kesan dan pesan dari Ketua yayasan sosial Darunnajah Kamal.

Kemudian sampailah di puncak acara yaitu pemberian santuan pada anak yatim. Satu persatu anak yatim berbaris untuk diberikan santunan oleh Ginanjar Eka Putra selaku Ketua Umum UKM Triple C, Muhammad Fauzan selaku Ketua Pelakana acara Triple-c Berbagi,  Firdaus Ramadhoni dan Yasid Fahri selaku perwakilan dari Alumni Triple-C. Setelah menerima santuan peserta berbaris deangn rapai diatas panggung. Mereka sangat antusias sekali, tersimpul senyum bahagia di wajah mereka. Kemudian dilanjutkan kesan pesan oleh salah satu dari mereka. Dalam penyampaian terebut mereka menyampaikan terimakasih atas santunan yang diberikan pada mereka, dan mereka juga mendoakan semoga harapan dari kakak-kakak penyelenggara acara ini diijabah oleh Allah, kesan darimereka yaitu mereka sangat bahagia karena di undang di acara ini.

Setelah itu sembari menunggu waktu magrib ada khultum yang disampaikan oleh Mas Cholil Amrullah alumni dari Triple C angkatan 2001. Pada pukul 17.25 adzan magrib mulai berkumandang, hal ini menandakan telah masuknya waktu berbuka puasa, kemudian acara berbuka puasapun dilakukan yang dipimpin oleh salah satu anak yatim dari Yayasan Darunnajah Kamal. Kemudian dilanjutkan sholat berjamaah di masjid. setelah sholat magrib kemudian makan bersama baik dari peserta, alumni, pengurus, dan juga panitia semua membaur dan makan bersama.

Berakhirlah acara hari ini, sungguh acara yang luar biasa dengan perjuangan yang luar biasa pula. Semoga lelah kita semua menjadi lillah.Tidak ada hasil yang menghianati usaha alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar,walaupun ada beberapa kendala namun masih bisa diatasi. Jangan jadikan kekurangan sebagai beban tapi jadikan kekurangan tersebut sebagai batu loncatan serta sebagai motivasi untuk berproses menjadi lebih baik lagi.

Salam Creative…Semangat Creative…

Editor : Erna Widiyawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *