Sejarah

SEJARAH UKM TRIPLE-C

Unit Kegiatan Mahasiswa Creative Computer Club Keluarga Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang di singkat menjadi UKM TRIPLE-C KM UTM adalah salah satu organisasi intra kampus yang memiliki fungsi sebagai wadah gerak mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dibidang Informasi dan Tekonologi khususnya Komputer. UKM Triple-C ini didirikan oleh 4 sekawan yaitu : Bapak karim,  Bapak Lutfi, Alm. Bapak Rifa’i, dan Bapak Syaifullah pada tanggal 26 april 1999.

Pada tahun 1999 ketika Universitas Trunojoyo Madura masih menjadi Universitas Swasta yang bernama “UNIBANG” (Uiversitas Bangkalan) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdapat Program Studi Manajemen Informatika (D3) yang di dalamnya terdapat matakuliah bidang Teknologi Jaringan dan Komputer sedangkan Prodi D3 ini dituntut untuk memiliki keahlian dibidangnya sendiri setelah lulus. Pada masa UNIBANG, Universitas sendiri masih tidak ada UKM yang berhubungan dengan IT, pada saat itu kegiatan mahasiswa hanyalah seminar dan yang berhubungan dengan kemahasiswaan yang tidak ada hubungannya dengan IT sehingga tidak bisa menunjang perkuliahan mahasiswa D3 Manajemen Informatika, sedangkan matakuliah IT harus praktek langsung dengan komputer dan mempelajarinya dengan berkali-kali. Jadi pada saat itu bapak Lutfi yang menjadi ketua Himpunan Mahasiswa D3 Manajemen Informatika bersama teman-temannya yaitu bapak Karim, Alm. bapak Rifa’i dan bapak Syaifullah mencoba membuat suatu perkumpulan yang memberikan suatu wadah untuk Mahasiswa D3 Manajemen Informatika belajar tentang IT, yang mana perkumpulan pada saat itu dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan nama “UKM Triple-C”. UKM Triple-C ini memberikan suatu wadah atau tempat mereka yang ingin belajar tentang Teknologi Jaringan dan Komputer, pada waktu itu anggota UKM Triple-C ini adalah seluruh Mahasiswa D3 Manajemen Informatika dan keahlian yang muncul hanya 1 yaitu Teknisi Jaringan dan Teknisi Informatika. Jadi awal tujuan Ukm Triple-C ini yaitu bagaimana mahasiswa D3 Manajemen Informatika setelah lulus memiliki keahlian dan karya dalam bidang IT . Ketua pertama sekaligus pendiri UKM Triple-C yaitu Alm. bapak Rifa’i dan ketua kedua yaitu bapak Aan Andika.

Untuk pembuatan lambang UKM Triple-C bapak Lutfi bersama rekan-rekannya yang membuat lambang tersebut:

  • Untuk lambang cakra warna kuning di adopsi dari Universitas Trunojoyo Madura
  • Segitiga biru diperoleh dari Tri Fungsi Mahasiswa
  • Warna biru diperoleh dari warna Teknik

Pada tahun 2001 ketika Universitas Bangkalan sudah diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan nama Universitas Trunojoyo Madura yang disingkat UTM barulah UKM Triple-C diajukan oleh senior dan para pendiri UKM Triple-C dari UKM Fakultas untuk menjadi UKM Universitas. Pada tahun 2001 juga terjadi masa peralihan dari D3 Manajemen Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi D3 Manajemen Informatika Fakultas Teknik. Akhir tahun 2001-2002 Triple-C dipimpin oleh mbak Eni namun jabatannya bukan sebagai Ketua Umum, tetapi sebagai PLT atau Pelaksana Tugas Sementara. Tahun 2002 jabatan Ketua Umum Ukm Triple-C dialihkan kepada bapak Cholil Amrullah.