IT NETWORK COMPETITION 2018 TINGKAT SMK SE-MADURA DAN SEKITARNYA DALAM RANGKA MENYEMARAKKAN PEKAN TEKNOLOGI INFORMASI (PETIS)

Posted on Posted in Uncategorized

Triplec.or.id Unit Kegiatan Mahasiswa Creative Computer Club Universitas Trunojoyo baru saja telah mengadakan event yang diikuti oleh siswa SMK se-Madura dan sekitarnya. Event ini adalah salah satu event yang dibuat untuk menyemarakkan Pekan Teknologi Informasi (PETIS). Pekan Teknologi Informasi (PETIS) sendiri ialah salah satu program kerja dari Unit Kegiatan Mahasiswa Creative Computer Club yang didalamnya terdapat dua event yang diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMK se-derajat. Salah satu event yang baru saja dilaksanakan adalah IT Network Competition 2018. IT Network Competition 2018 merupakan sebuah lomba membuat jaringan server yang dikompetisikan kepada siswa SMK dengan basic class Teknik Komputer Jaringan atau sejenisnya. Event tersebut bertujuan menjadi wadah bagi siswa smk terutama jurusan Teknik Komputer Jaringan untuk mengasah ilmu yang dimilikinya dan mengukur kemampuan yang dimilikinya. Event ini sudah ketiga kalinya diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Creative Computer Club. Pada lomba tersebut mereka akan berkompetisi dengan sekolah lainnya untuk menjadi pemenangnya.

Technical Meeting dari IT Network Competition 2018 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 08 September 2018 yang bertempat di Aula RKB-D Universitas Trunojoyo Madura dan dimulai pukul 13.00 WIB. Pada Technical Meeting dihadiri 18 peserta dan 10 pendamping dari 10 sekolah. Agenda yang dibahas pada saat Technical Meeting adalah peraturan lomba, sistem lomba, peralatan lomba yang dibawa oleh peserta, dan sistem penilaian lomba.

Kabar gembira yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami adalah lomba pada tahun ini sangat diminati oleh berbagai instansi Sekolah Menengah Kejuruan. Selain dari dari ke-empat kabupaten yang ada di Madura (Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan)  ada beberapa instansi sekolah dari luar madura seperti Tuban dan Surabaya yang mendelegasikan peserta didiknya untuk ikut berkompetisi di event Pekan Teknologi Informasi (PETIS) ini sehingga dari pihak panitia membuka kesempatan sebaik-baiknya untuk mereka yang ingin ikut berpartisipasi dan berkompetisi dalam event ini dengan mengubah jangkauan area peserta lomba menjadi se-Madura dan sekitarnya. Alasan peserta dari luar Madura mengikuti IT Network Competition 2018 adalah mereka ingin mengasah kemampuan yang di miliki peserta didiknya. Salah satu guru pembimbing pada saat Technical Meeting dilaksanakan juga mengatakan bahwa “Mengikuti lomba ini selain mengasah kemampuan siswa sekaligus uji nyali bagi siswa apakah mereka berani berkompetisi  atau tidak”.

IT Network Competition 2018 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 15 September 2018 yang bertempat di Laboratorium Vicon Gedung Cakra Lantai 5. Acara tersebut dimulai dengan check-in peserta pada pukul 07.30 kemudian dilanjut dengan acara pembukaan untuk event Pekan Teknologi Informasi (PETIS) . Lomba berlangsung selama kurang lebih 3 jam yang dimulai pada jam 09.00 setelah semua peserta selesai meng-copy file ISO OS yang dipakai untuk perlombaan. Untuk 10 besar pemenang dalam event IT Network Competition tingkat SMK Se-Madura dan Sekitarnya ini akan di umumkan nanti pada pukul 15.00 WIB di website resmi www.triplec.or.id . Peserta yang berhasil masuk 10 besar pemenang lomba pada IT Network Competition 2018 akan diundang untuk menghadiri event kedua dari Pekan Teknologi Informasi (PETIS) yaitu event Seminar Nasional E-Commerse pada hari Senin tanggal 17 September 2018 yang juga diadakan oleh UKM Triple-C dengan syarat membawa ID Card  peserta  IT Network Competition.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *