Computer Basic Training Masa Creative 2018

Posted on Posted in Uncategorized

Triplec.or.idComputer Basic Training (CBT) merupakan agenda tahunan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Creative Computer Club, CBT ini merupakan tahapan lanjutan untuk bergabung di UKM Triple C. Suatu proses awal  masuk dalam sebuah organisasi biasanya ditandai dengan adanya diklat, yang secara umum berisi tentang pengenalan organisasi tersebut serta pengenalan antar anggota. CBT 2018 dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober yang berlokasi di Pantai Camplong Sampang dengan tema “Satukan Hati Menuju Generasi Kreatif di Bidang Teknologi”.

CBT kali ini dikemas dengan konsep yang fun namun diharapkan menghasilkan output yang luar biasa. Rentetan CBT dimulai dari kegiatan Pra CBT yang dilaksanakan pada 9 November 2018. Pra CBT merupakan seleksi untuk memfilter dan menilai calon anggota baru baik dari segi moral, etika maupun keahlian di bidang IT dengan persentase yang berbeda, penilaiannya melalui tes wawancara. Pra CBT ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas calon anggota baru, Pendaftar yang lolos tahap ini sejumlah 216 kurang lebih 50% dari total pendaftar awal. Setelah Pra CBT selesai selanjutnya calon anggota masuk dalam kelas kreatif dan diberi pelatihan selama 2 minggu. Kelas kreatif ini ada 8 kelas terdiri dari kelas desain A dan B, Web Development, Game Development, Networking, Troubleshooting, Foto dan Videografi, serta Pemrograman Desktop.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu Technical Meating (TM) yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2018 bertempat di Gedung Student Center (GSC). Pada TM ini terdapat pembagian kelompok, pembacaan penugasan, penyampain rincian biaya, pendataan riwayat penyakit, serta ada tanya jawab mengenai hal yang kurang jelas yang telah dipaparkan sebelumnya. Terbentuk sebanyak 22 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 7 hingga 8 peserta dan setiap kelompok didampingi oleh AP (Acces Point).

Tiba pada acara yang ditunggu-tunggu yang merupakan inti dari rentetan panjang event ini  yaitu Computer Basic Training (CBT) 2018. Pada hari Jumat 26 Oktober, peserta berkumpul di pelataran Gedung Pertemuan sebelah barat untuk acara pembukaan serta pemberangkatan. Sebelum pembukaan, terdapat pengecekan dari penugasan peserta. Pembukaan diisi dengan Laporan Ketua Pelaksan yaitu Latif Aldiansyah, dilanjutkan dengan sambutan Ginanjar Eka Poetra selaku Ketua Umum UKM Triple-C, dan yang terakhir sambutan dari Pembina UKM Triple-C sekaligus membuka acara CBT dilanjutkan dengan penyematan ID Card dan pemberian scraft. Dikarenakan Pembina UKM Triple-C berhalangan hadir maka diwakili oleh Team Creative yaitu Aditya Willy Sartika.

Pemberangkatan dari UTM pukul 13.00 dengan menggunakan 8 minibus,7 minibus untuk peserta dan 1 bus untuk panitia.Setelah sampai di Camplong sekitar pukul 15.00, peserta berkemas dan melakukan apel pembukaan yang berisi laporan Ketua Pelaksana, sambutan Ketua Umum, kemudian brifing dari sie acara mengenai peraturan peraturan selama di area diklat.

Pada malam harinya terdapat materi tentang Pengenalan UKM Triple-C yang diisi oleh Ginanjar Eka Poetra dan Hendrik Setiawan, dimoderatori oleh Zaqiyah. Pembahasan mengenai pengenalan UKM Triple-C ini adalah apa itu Triple C, arti logo serta maskot Triple C dan sejarah Triple C. Peserta sangat antusias mendengarkan meteri ini dengan seksama walaupun dalam kondisi lelah yang melanda usai perjalanan jauh. Dilanjutkan dengan sharing hearing, peserta dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil sesuai intruksi panitia. Setiap kelompok ditemani oleh satu orang pengurus kemudian membentuk lingkaran kecil. Pembahasan selama sharing hearing meliputi tentang UKM Triple C secara umum serta keluh kesah peserta perihal Pra-CBT hingga pelaksanaan CBT. Pada pukul 22.00 peserta dipersilakan menuju ruang mimpi (tidur).

Mentari dihari kedua CBT mulai menampakkan wajahnya memberikan isyarat untuk segera bergegas memulai aktifitas baru di hari yang baru dengan semangat baru dan hal-hal yang baru. Hari kedua merupakan hari yang padat kerena penuh dengan kegiatan. Pada pagi harinya setelah sholat subuh ,terdapat agenda senam bersama yang dipimpin oleh Sie Acara dan Sie Kesehatan dianataranya Nuya, Elly,dan Fauzen.  Setelah melakukan senam, peserta diajak jalan jalan di tepi pantai untuk menikmati indahnya pantai dipagi hari, kemudian peserta kembali ke lokasi dan sarapan bersama.

Setelah melaksanakan sarapan bersama, peserta mengikuti materi kedua yaitu tentang Manajemen Dasar-dasar Organisasi yang disampaikan oleh Fitroh dan dimoderatori oleh Lutfia Ainun Mutia. Pada materi ini membahas tentang apa itu organisasi, tujuan dan fungsi organisasi, kedudukan organisasi, aturan organisasi, pedoman organisasi serta sistem keanggotaan UKM Triple C .Kemudian dilanjutkan meteri ketiga yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia yang sampaikan oleh Eka Fatikhul Firdausi yang dimoderatori oleh Riska Diana Vita, materi MSDM ini membahas tentang sumber masalah dan bagaimana penyelesaiannya, katarsis, dan potensi diri.

Adzan dzuhurpun berkumandang mengajak para panitian dan peserta untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dilanjutkan makan siang. Setelah lelah dengan materi maka tibalah pada agenda outbond yang terdapat 6 pos dengan permainan yang berbeda, diantaranya estafet tepung, volly air, sarung soccer ,long longers, paralon bolong dan sampaikan pesanku.Setiap game tersebut mengandung makna tersirat yang bisa diibaratkan ketika mereka berada dalam suatu organisasi. Dalam setiap game mempunyai inti amanat bahwa koordinasi, strategi, sportifitas dan kebersamaan itu merupakan hal yang penting. Setelah outbond selesai, peerta membersihkan diri, mengerjakan sholat ashar ,kemudian persiapan untuk pentas seni.

Pentas Seni yang diagendakan pada malam hari diawali dengan penyalaan api unggun oleh Ketua Pelaksana. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan-penampilan dari setiap kelompok. Pentas yang ditampilkan diantaranya adalah menyanyi, pantomim, menari, musikalisasi puisi, dan drama komedi. Para peserta sangat bersemangat walaupun ditengah terkaan angin pantai di malam hari yang semakin menambah dinginnya suasana, namun susana dingin ini tercairkan oleh kebersamaan para peserta, panitia, pengurus dan juga tim creative . Tepat pukul 22.00 peserta dipersilakan menuju pulau kapuk.

Mentari hari ketiga mulai menampakkan cahayanya, tanda aktifitas di hari ketiga segara dimulai. Acara di hari ketiga diantaranya yaitu pengukuhan yang dilakukan ditepi pantai .Pembacaan Ikrar yang di pimpin oleh ketua umum UKM Triple-C sekaligus penyematan Scraf kepada peserta diklat CBT. Dilanjutkan denga pembuatan koreografi untuk celebrasi, kemudian kembali ke aula untuk makan bersama. Setelah itu bersih diri dan bersih-bersih area diklat.

Sampailah kita dipenghujung acara yaitu apel penutupan yang diawali dengan Laporan Ketua Pelasana, Sambutan Ketua Umum, dan Sambuatan dari alumni. Mereka pada intinya mengucapkan selamat atas diikrarnya para peserta CBT yang menandakan bahwa mereka (peserta) sudah resmi bergabung menjadi bagian dari keluarga besar UKM Triple C. Setelah itu ada pemberian hadiah untuk kelompok terkompak dan penyematan pin untuk Bapak dan Ibu Angkatan terpilih yaitu Bagus Fajariyanto dan Eka Ratna Citraningrum.

Alhamdulillah, rangkaian panjang acara CBT 2018 telah usai semoga bermanfaat untuk kedepannya. Semoga menghasilkan output yang nyata dan semoga bisa berproses sebaik-baiknya proses bersama UKM Triple-C. Sukses adalah ketika persiapan dan kesempatan bertemu.

CBT 2018 Keep Stronger..Never Give Up..Beng beng bush…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *